Diberdayakan oleh Blogger.

Ingin tubuh Ideal? kenali Tipe Tubuh Anda Disini

Ingin tubuh ideal? kenali tipe tubuh anda disini :)

Pernahkah anda menemukan orang yang makan sebanyak apapun tetapi tubuhnya tetap kurus dan tak membesar sedikitpun?

Pernahkah anda menemukan orang yang makan sedikit tetapi berat tubuhnya sulit diturunkan dan tetap saja besar dan buncit?

Pernahkah anda melihat seorang teman anda yang mudah untuk menjadi kurus, menjadi gemuk, dan ideal??

Semua karna faktor genetik, tiap manusia punya faktor genetik bentuk tubuh yang berbeda - beda. Dan dengan mengetahui genetik bentuk tubuh anda, anda dapat mengetahui mana bentuk latihan yang "cocok" untuk tubuh anda.

William Sheldon, seorang psikiater asal Amerika Serikat senang mengamati macam-macam bentuk tubuh manusia. Melalui sejumlah riset yang dilakukannya, Sheldon membagi jenis tubuh manusia dalam tiga sebutan yakni, Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph..
Apakah arti dari ketiga kata itu?
Mari kita Simak :


Ectomorph

Ciri ciri dari tubuh ectomorph diantaranya yaitu berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori, dan biasanya memiliki lebar bahu dan pinggang yang kecil.
Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolisme tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karna tipe ini tidak di desain untuk menyimpan lemak dalam tubuhnya, maka makan sebanyak apapun takan terlalu mempengaruhi berat badan orang tersebut.
 
Untuk membentuk tubuh yang ideal, tipe tubuh ini tidak ada cara lain selain melakukan latihan angkat beban yang rutin untuk meningkatkan masa otot. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan.
 
Mesomorph
 
Ini adalah tipe tubuh idaman. Tipe ini cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus, Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh padat dan berotot dengan tampilan yang kekar yang sudah terbentuk secara alami. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot optimal. Tipe latihan nya sesuaikan pada target anda, setidaknya angkat beban 3 - 4 kali per minggu dan aerobik pada hari tertentu.

Endomorph
 
Ciri dari rubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang lebar, bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik damun sulit untuk diturunkan.
Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh.Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar.
Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan.
 
Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga. Ingat!! angkat beban lebih baik daripada kardio karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat. Tapi menggabungkan keduanya tentu lebih baik untuk tipe tubuh ini.



Nah, jadi anda termasuk tipe tubuh yang mana?
Apapun tipe tubuh anda bukan berarti anda hanya bisa pasrah dan menyesali kelahiran anda dimukabumi ini (halah saya lebay :D)
dengan gigih berlatih dan komitmen yang kuat, anda pasti bisa mendapatkan tubuh ideal yang anda inginkan.
Salam sehat, Good Luck!!


1 komentar: